view from the top

11 Jun 2010

images

Pramugari. Apa yang terlintas dari benak anda ketika mendengar profesi ini. Perempuan cantik, sexy, berpakaian rok mini dan siap untuk diajak kencan kapan saja, ditambah lagi tidak punya otak, saking tidak ada otaknya pramugari bahkan tidak bisa membedakan mana suami orang mana bukan. Mungkin seperti itu.

Tapi tahukah anda bahwa sesungguhnya tidak mudah amat sangat tidak mudah bekerja sebagai pramugari. Masuk atau lolos tesnya saja tidak mudah. Jika sebagian dari anda beranngapan seperti yang saya tulis diatas maka pendapat anda sama seperti pendapat saya. “apa susahnya jadi pramugari?” begitu pikir saya. Tinggi, bersih dan bersedia memakai rok mini. Tapi pendapat itu luntur seketika ketika saya mengikuti serangkaian tes rekrutmen pramugari. Dan berkali-kali ditolak.

Lalu saya sadar bahwa bekerja sebagai pramugari memang dituntut kesempurnaan, ketelitian, kecermatan, kehati-hatian dan keramahtamahan. Jika pramugari harus bersih dan charming ya wajar saja, karena pramugari merupakan Brand image dari maskapai tersebut. jIka seorang pramugari harus ramah ya memang harus ramah karena sebuah maskapai dilihat kualitasnya dari pelayanan yang diberikan oleh pramugari tersebut. Jika pramugari harus tinggi ya harus, karena tinggi badan memang pada saat-saat darurat pramugari juga harus menyelamatkan penumpangnya sebanyak mungkin. Bayangkan bagaimana bisa melakuakn penyelamatan jika tubuh penumpangnya jauh diatas pramugarinya, sementara seluk beluk kabin pesawat adalah wilayah ‘kekuasaan’ pramugari.

Belum lagi, kerja lembur dalam hal melayani penumpang. Disaat orang-orang tidur pramugari harus berada di ketinggian 30.000 kaki, terbang melintasi samudra, melawan jetlag. Di saat perempuan lain bergelung di bahwa selimut menunggu pagi, pramugari sudah siap ‘mengudara’ melayani permintaan penumpang yang bermacam-macam, padahal ia harus meninggalkan keluarga, masa muda, dan kebutuhan badannya untuk tidur.

Dan ketika sang pramugari harus tetap bersikap ramah terhadap penumpang padahal hatinya sedang letih tapi apa yang ia dapat cemooh, dan pandangan melecehkan. Perlu anda tahu bahwa bekerja seperti ini tidak mudah. Dan perlu anda dan bahkan saya pelajari bahwa tidak ada satu pekerjaanpun yang lebih baik dari pekerjaan yang lain selama itu halal.

HAl-hal inilah yang saya pelajari dan saya pahami bahwa sungguh tidak mudah menjadi pramugari. Saya sendiri sudah 3 kali mencoba di 2 maskapai yang berbeda. Dan besok saya akan mencoba lagi meski saya tidak tahu apakah kali ini berhasil atau tidak.

Mengapa saya ngotot? apakah karena saya kurang pendidikan? Tidak. Saya sarjana psikologi. kesempatan saya terbuka lebar namun saya tidak mau, saya ingin melakukan pekerjaan yang benar-benar ingin saya lakukan. Pekerjaan yang datang dari hati.

Lantas takutkah saya dengan pandangan orang. jujur saja perasaan takut itu selalu ada. tapi niat saya tulus, jujur, dan lurus. jatuh bangun berkali-kali mengajarkan saya untuk tidak gampang menyerahkan pengorbanan saya begitu saja.

Jadi kawan, doakan saya.

It’s a long wait at the gate
Just to glimpse your fate
Just to see whether it all works out
It’s a long road, a heavy load
You gotta really want to go
And just let the others walk around
You now

Up and down again
But this time it’s different
It took some waiting to straighten
Out the bend
In and out of luck
Yeah at times it was difficult
I got a new life baby, It takes some getting used to but…

No sign of any rain
My skies are clear today
I keep bracing for that hit
But there’s not sign of it
No obstacles in sight
My skies are clear tonight (My skies are full of light)
I keep thinking I might see that cloud arrive
Oh but there’s no sign of it
No sign of it

And as I look around, it’s all new ground
The leaves on the trees touch down
But I’m above weightless as a dream
It’s been a long road, a heavy load
I just simply had to go
Had to get here hard as it’s been

In and out of luck
Yeah at time it was difficult
I got a new life baby, it takes some getting
Used to but…

-No sign of it (Natalie Grant)-


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post