berhentilah mengeluh

10 Dec 2009

images-2

apa yang bisa di ceritakan tentang aku.

aku yang -saat ini- pengangguran. aku -yang saat- ini tidak memiliki cinta. dan aku yang jauh dari keluarga. tapi tidak semua itu tidak dengan serta merta membuat ku mengeluh. ups aku bukannya tidak pernh mengeluh tapi aku belajar untuk tidak terlalu sering mengeluh. karena, aku baru mengetahui bahwa mengeluh hanya akan membuat segala sesuatu tidak menjadi lebih baik. bahkan dengan mengeluh aku merasa seperti hmm..hilang semangat. dampaknya? jelas aku menjadi seolah-olah orang yang paling menderita di dunia.

daripada aku sibuk mengeluh sakit kaki ketika memakai high heels, lebih baik aku bersyukur bahwa aku bisa dengan lincahnya berlenggak lenggok kesana kemari berhighheels ria disaat yang sama ada perempuan lain harus kehilangan kakinya karena berbagai alasan.

ya, seperti yang pernah dikatakan Rendra dalam salah satu puisinya “hidup bukan untuk mengeluh dan mengaduh dan bukan pula demi surga atau neraka, tetapi demi kehormatan seorang manusia”.

mengeluh memang sebuah tindakan yang manusiawi, ketika kekecewaan datang maka mengeluh menjadi sebuah pelampiasan yang dapat dibenarkan. tapi tidakkah kita sadar bahwa mengeluh hanya memberi kenikmatan sesaat. yang nikmat diawal tapi tidak membawa kebahagiaan. aku pun sama seperti sebagian besar manusia yang lain. marah disaat kecewa, menangis disaat sedih, tertawa di saat bahagia dan lapar ketika puasa. tapi aku segera sadar, kalau-kalau semua sudah melamapaui batas kewajaran. aku tidak mau mengeluh dijadikan pelampiasan. kalau berbicara tentang pelampiasan masih banyak bukan bentuk pelampiasan yang lain. kalau marah ya menangislah sekerasnya lalu pergi ke temapt kareoke nyanyi sepuas-puasnya. masih pengangguran? lakukan hobi yang sudah lama ditinggalkan, siapa tahu semua bisa berawal dari sana. putus? setelah berpacaran 5 tahun. think positive. siapa tahu dia memang bajingan. ck ck ck tapi lagi-lagi it easier to said than done. tapi hey! stop complaining. aku hanya manusia biasa. daripada mengeluh bahwa tulisan ku ini sedikit sok tahu dan menggurui, lebih baik anda mencoba untuk membuat tulisan yang jauh lebih baik dari aku.

jakarta, 4:30 am


TAGS keluh mengeluh curhat cerita puisi rendra


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post